Join MultiplyOpen a Free ShopSign InHelp
MultiplyLogo
SEARCH

Kuliner Indonesia
(kliping kuliner & wisata Nusantara)

ReviewReviewReviewReviewReviewApr 30, '09 5:54 AM
for everyone
Category:Other
Diet Soda

Jika Anda pikir diet soda bisa mengurangi kalori yang dikonsumsi sehari-hari. Kini buang jauh-jauh pikiran yang menyesatkan tersebut. Ada tiga macam fakta penting diet soda yang perlu Anda ketahui disini!

Kita sering berbicara tentang 'perhatikan apa yang kita makan'. Tetapi jika Anda tidak pernah berpikir tentang apa yang Anda makan, dan sebagai gantinya hanya memperhatikan apa yang Anda minum, maka Anda mungkin malah dapat mengurangi 450 kalori setiap hari seumur hidup - yaitu sekitar 500 gram lemak dapat dipangkas setiap minggunya!

Ya, itulah studi yang ditemukan oleh University of North Carolina. Saat ini orang Amerika sendiri meminum sekitar 192 galon cairan setiap tahun - atau sekitar 2 liter sehari. Untuk menilainya dalam sudut pandang masa kini, kasus ini hampir dua kalinya kalori yang kita konsumsi 30 tahun lalu. 

Sebuah buku 'Eat This, Not That!', David Zinczenko telah melakukan beberapa riset dan menemukan kenyataan pahit dibalik minuman low-calorie (dan nutrition-free). Kisahnya tidak setepat yang Anda pikirkan, dan mungkin malah dapat membuat Anda berpikir dua kali jika suatu saat Anda mencari minuman yang memuaskan dahaga.

Saat dihadapkan dengan ukuran pertumbuhan kalori dari minuman yang manis, respon pertama adalah , "Mengapa tidak meminum diet soda?" Nah, inilah beberapa alasan pentingnya:

Kebenaran Pahit 1:
Hanya karena diet soda rendah kalori sesungguhnya tidak berarti minuman ini tidak bisa mendorong pertambahan berat badan. 

Diet soda mungkin memiliki 5 atau beberapa kalori dalam setiap penyajiannya, namun muncul riset yang menyarankan bahwa mengkonsumsi minuman mengandung gula-minuman yang memiliki rasa-bahkan sekalipun minuman dari gula buatan atau artifisial - dapat mengarah pada peningkatan gula secara keseluruhan. Itu berarti makanan lebih manis (dan lebih berkalori) seperti sereal, roti, dessert-apa pun itu. Dengan mempertimbangkan dalam setiap satu sendok teh gula terdapat 15 kalori, bukanlah berita bagus jika Anda peduli akan berat badan.

Kebenaran Pahit 2: Mengkonsumsi minuman diet soda sepanjang hari berarti mengenyahkan minuman sehat yang Anda butuhkan.

Diet soda adalah minuman yang 100% tidak mengandung nutrisi - dan adalah penting untuk mengingat bahwa semua minuman tidak berguna tersebut mengambil tempat yang hilang untuk minuman alternatif yang lebih menyehatkan. Dari segi positif, itu berarti Anda tidak akan mengambil pilihan yang seimbang akan minuman tidak bergizi, berkalori dan gula. Tetapi penting sekali untuk sering meminum sesuatu yang baik guna menghindari sesuatu yang buruk. Jadi sekaleng diet soda sehari tidaklah masalah, tetapi jika mengkonsumsinya 5 atau 6 kaleng, itu berarti Anda membatasi kebutuhan akan minuman sehat, terutama air putih dan teh, yang mengandung antioksidan tinggi.

Ditambah, sebuah studi baru-baru ini dari Johns Hopkins menemukan bahwa dengan membatasi minuman berkalori yang masuk merupakan cara yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibanding membatasi kalori dari makanan. Tidak ada tempat yang lebih baik selain memusnahkan segala sesuatu yang ada di daftar 20 minuman tak sehat di Amerika.

Kebenaran Pahit 3: Masih tersisa beberapa kegelisahan seputar aspartame, bahan kimia rendah kalori tersebut digunakan untuk memberi rasa pada minuman diet soda.

Aspartame 180 kali lebih manis daripada gula, dan beberapa peneliti hewan memiliki keterkaitan bahwa dengan mengkonsumsi pemanis ini dengan jumlah yang banyak dapat menyebabkan tumor otak dan kelenjar getah bening pada hewan pengerat. FDA mempertahankan bahwa bahan pemanis aman, tetapi dilaporkan efek sampingnya yang mencakup pusing, sakit kepala, lupa, dan perasaan yang tidak stabil.

Nah, setelah membaca artikel ini apakah Anda masih berpikir diet soda aman untuk kesehatan?

( dev / Odi ) Devita Sari
© 2008 detikcom



12 CommentsChronological   Reverse   Threaded
pelangihati wrote on Apr 30, '09
ReviewReviewReviewReviewReview
makasih infonya..
riwsa wrote on Apr 30, '09
Sy g suka diet coke. G enak rasane. Msh enak segelas susu sapi segar n segelas es jeruk/jeruk anget
kulinerkita wrote on Apr 30, '09
makasih infonya..
kulinerkita wrote on Apr 30, '09
ReviewReviewReviewReviewReview
riwsa said
Msh enak segelas susu sapi segar n segelas es jeruk/jeruk anget
iminegelsomino wrote on Apr 30, '09
untung ga suka soda
kulinerkita wrote on Apr 30, '09
untung ga suka soda
pandabulet wrote on Apr 30, '09
berarti ga ada beda lah minum soda diet apa gak...sama ga bagusnya
lalarosa wrote on Apr 30, '09
waduh, kirain yg low suger itu bagus, ternyata ada fakta pahitnya tho
tfs :D
kulinerkita wrote on Apr 30, '09
tfs :D
kulinerkita wrote on Apr 30, '09
berarti ga ada beda lah minum soda diet apa gak...sama ga bagusnya
redini wrote on Apr 30, '09
ReviewReviewReviewReviewReview
alhamdulillah lebih suka air putih ato teh manis aja...
kulinerkita wrote on May 1, '09
ReviewReviewReviewReviewReview
redini said
alhamdulillah lebih suka air putih ato teh manis aja...
Add a Comment
How would you rate this thing? (optional)
0 out of 5 stars